Banyak sekali artikel-artikel mengenai penghematan BBM ini, mulai dari menambahkan boster pada pengapian, sampai metoda electrolisa ini.
Gambar disamping adalah salah satu model Electrolizer yang dapat menghemat penggunaan BBM pada kendaraan bermotor hingga 100% lebih dan meningkatkan performa kendaraan hingga 20%.
Diagram sederhana Electrolyzer :
Alat yang disebut electrolizer ini menghasilkan HHO (2 part Hydrogen + 1 Oxygen) gas yang sangat mudah terbakar yang kemudian HHO ini dimasukan ke intake manifold pada kendaraan bermotor. Dengan adanya campuran BBM + HHO yang kaya ini memungkinkan pembakaran menjadi lebih sempurna sehingga BBM menjadi efisien.
Sebenarnya teknologi ini sudah lama ada penemunya adalah Dr. Yule Brown maka sering disebutnya sebagai brown’s gas dan sudah banyak yang mencoba membuatnya baik di luar negeri maupun di indonesia , seperti di Jokjakarta adalah Bapak Joko beliau juga membuat generator electrolyzer ini dan telah menerapkanya ke lebih 1000 kendaraan di Jogja bahkan beliau mengatakan bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih detail dan ingin membuatnya beliau dengan senang hati akan memberi tahu bagaimana cara membuatnya.
Selain untuk kendaraan berbahan bakar premium, alat ini juga dapat di gunakan pada kendaraan bermesin Diesel yang berbahan bakar solar.
Berminat menghemat BBM kendaraan anda? mungkin artikel ini bisa menjadi inspirasi anda.
Atau kalau anda ingin tahu cara membuatnya lebih detail anda dapat men-donwload di http://www.free-energy-info.co.uk/Hotsabi.pdf atau http://smacksboosters.110mb.com/Smack.pdf
Yang perlu diperhatikan :
1. Air menggunakan air aki botol biru ( bukan ACCU ZUUR) atau air suling / Aquades / Air laut.
2. Bahan kimia yang dipakai untuk campuran air sebagai katalis adalah : KOH (Kalium Hidroksida) / Ca(OH)2 / Baking Soda jika sulit didapat anda dapat bereksperimen menggunakan Garam dapur (tidak direkomendasi karena garam bersifat korosif)
3. Tuangkan air terlebih dahulu (aliran listrik / accu sudah terpasang) baru masukan bahan kimia (KOH) sedikit demi sedikit hingga terjadi proses elektrolisa (seperti air mendidih) dari pengalaman air satu liter cukup dengan 1 sendok teh kecil , gunakan kaca mata karena KOH ini sangat berbahaya bila terkena mata.
4. Plat untuk Anoda & katoda berbahan Stainless stell yang tidak melekat pada magnet ini adalah bahan yang paling kuat dan aman (silahkan tes menggunakan magnet) Misal : Sendok/garpu stainless stell / Pengaris yang terbuat dari stainless stell (saya menggunakan material ini)
5. Elektroda positif dan electroda Negatif hanya berdekatan saja tidak saling menyentuh / berhubungan
6. Gunakan Relay untuk penyambunganya seperti gambar tertera dan berilah sekring pengaman +/- 5~15 Ampere
7. Gunakan 2 buah botol / tabung seperti gambar diagram dibawah, tabung ke dua air diisi air suling 1/3 saja (jangan terlalu penuh).
8. Jika anda membuat dari bahan pipa PVC berilah water level (gambar terlampir) supaya banyaknya air selalu terpantau.
9. Selain dipasang di manifold selang dapat juga dipasang / dimasukan di antara Carburator dan saringan udara (biasanya selang dari karet), atau dicabang dua dan dimasukan di ke dua bagian (intake manifold dan selang saringan udara sekaligus).
10. Untuk sepeda motor lebih baik gunakan aliran listrik dari Spull (ac) yang disearahkan terlebih dahulu menggunakan Dioda Bridge 10A (4 kaki) dan tambahkan lampu +/- 5 ~ 35Watt (silahkan bereksperimen) sebagai pengaman atau bisa juga dijadikan sebagai indikator katalis karena jika katalis kurang lampu akan menyala redup. (lihat gambar dibawah)
Berikut beberapa contoh model Generator Electrolizer.
Generator sederhana menggunakan botol kecap (gambar atas).
di dukung oleh BBM
Juli 1, 2008 at 2:17 am
hallooo……
sallam kenal dari saya.
boss aq mo nanya kalo penggantian air tersebut (air suling) berapa lama?
truz yang kedua Plat untuk Anoda & katoda berbahan Stainless stell tersebut apa wajib terendam semua?
mungkin it aja dari saya.
thanks….
Juli 5, 2008 at 1:29 pm
Bahaya ga buat mesin?
Juli 19, 2009 at 4:08 pm
aman gak buat mesin
Oktober 13, 2013 at 9:09 pm
untuk pemakaian jangka panjang bisa menimbulkan kerak unsur Kalium dari hasil elektrolisis KOH pada mesin, akibatnya ya turun mesin
November 19, 2014 at 4:08 pm
pakai NaOH (soda api, karena akan selalu terurai
Januari 6, 2016 at 11:27 pm
dicampur kecap manis juga bisa, terurai tapi ya itu, warnanya jadi hitam.
Juli 5, 2008 at 3:42 pm
tidak berbahaya asalkan sesuai dengan diagram yg ada
Juli 11, 2008 at 12:12 pm
masa saya kebingunan atau belum paham bagaimana cara merakit Plat untuk Anoda & katoda berbahan Stainless stell, apakah dibuat lipatan atau lempengan dan ukurannya seberaspa kalau penggaris agar apernya kecil agar tidak mengganggu aki
Juni 15, 2012 at 9:44 pm
AH msa ga bisa sya mh udh sukses
Juli 17, 2008 at 1:51 pm
guys,bagi yang udah dapat cara lebih sederhana n ga rumit untuk membuat electrolizer pliz tolong kirim ke web ku ya……
btw,thank you very much…..
Juli 17, 2008 at 1:52 pm
web ku tiger_Seblast@yahoo.com
Juli 30, 2008 at 4:04 pm
Kalau mau lihat gambar lengkap coba klik di http://my.opera.com/suryagunawan/albums/show.dml?id=562845 mudah mudahan membantu,..
salam maju terus bangsaku,..
Juli 30, 2008 at 6:20 pm
pls baca http://jkt4.detikinet.com/read/2008/…is-di-internet
ttp ini jawaban dari saya
Tidak benar juga semua penghemat bbm menipu, dari ide http://www.water4gas.com saya kembangkan supaya elektroliser penghasil hydrogen HANYA dari air keran saja, TIDAK lagi menggunakan katalis kimia seperti baking soda dan KOH (kalium hidroksida), setalah 1,5 tahun riset didapat hasil yang cukup baik dengan dimuatnya alat buatan saya di MAJALAH MOTOR atau http://www.majalahmotor.com bagian kolom utilitas. Saya mengundang redaksi DETIK.com untuk menguji alat saya baik di motor dan di mobil, hari ini barusan datang orang dari group organisasi angkutan darat, minta dibuatkan spek khusus untuk truck kapasitas 6000cc, 12000cc, dan 16000cc. hal ini setelah baru saja diujicobakan di panther lama 2500cc direct injection ternyata memang ada hasilnya dan terasa peningkatan torsinya. Semoga Redaksi DETIK.com mau menghargai para inventor dan memilah apakah itu hanya dimanfaatkan sebagian orang untuk mencari keuntungan semata dengan hasil yang mengecewakan. Jika dari staf redaksi mau mencobanya di 1 kendaraan milik kantor DETIK.com, untuk dipasang dan diujicoba, gratis jika memang terasa manfaatnya. Alat dari saya sudah melewati beragan rangkaian uji kelayakan dan broken test, apakah alat ini menguntungkan atau merugikan (scam/ hoax belaka)
Oktober 9, 2011 at 9:44 am
Boleh minta diagramnya…saya mau uji coba….terima kasih
Agustus 13, 2013 at 4:15 pm
gan emailnya apa ?? klu d pake untuk bus bisa ??? tq
Agustus 21, 2008 at 9:20 pm
mas, apakah KOH dan baking soda memiliki perbedaan yang signifikan dalam menghasilkan HHO? Tolong kirim proses pembuatan yang lengkap ke email saya ya!
Agustus 27, 2008 at 8:42 pm
Saya sangat tertarik untuk membuat generator elektrolisis ini, tolong di kirim ke email saya di Triatmojo_nugroho@gawab.com
pertanyaan saya apakah debit udara yang dihasilkan terpenuhi ?
April 21, 2010 at 10:04 pm
DASAR
September 2, 2008 at 11:28 am
mas gmn klu untuk motor 2 tak bisa ga?
November 19, 2014 at 4:12 pm
harus dipikirkan karena pd mtr 2 tak tak punya klep/valve, bisa ada “tendangan balik” dari mesin
September 4, 2008 at 7:00 pm
mas tolong kirim cara lengkap membuat penghemat bbm ke email bagonk_nesta@yahoo.co.id
September 8, 2008 at 8:25 pm
mas itu sambung langsung dng AKIya,apa AKI tidak cepat panas dan cepat tekor,kemudian bagaimana cara mengetahui bahwa platnya itu membutuhkan sekian VOLT AMPER dan kalau dipakai di MOBIL berapa persen EPESIENSI bahan BAKAR mobil.dan kemudian barang buatan mas itu kalau dijual berapa HARGANYA….???
September 9, 2008 at 10:58 am
pak.. sy butuh penghemat BBM jenis HHO ini.., buat di mobil sy yg 2800cc/injection , tolong harga penawaran berikut pasang…, ditunggu.. via email jg boleh
September 9, 2008 at 1:57 pm
gue ada pwm ni(dc pulse)kit 67 yg mau bisa kirim email ke gue steven.stephanus.k@live.c0m
Juni 27, 2013 at 11:42 am
Dear Steven, PWM nya harga berapa? please send me the picture dan detailnya juga ya. Apakah juga ada alat utk mengelabui sensor O2? kARENA MOBIL SAYA INJECTION. Trimakasih Darlan > hpjakarta@yahoo.com
September 9, 2008 at 4:18 pm
Salam buat teman-teman semua…
Saya punya sedikit pengalaman buat temen2 yg pengin buat tabung elektrolisis atau generator HHO. Alat yang digunakan: pipa stainless diameter 1 cm sebanyak 5 buah panjang 7 cm disusun – n + n -, tabung pakai tabung penampung air radiator mobil kijang (ini dah ada lubang in out-nya, jadi praktis), elektrolit pakai air tetesan AC (terbukti efektif) dan katalisnya KOH. Oh ya ini yang untuk mobil.
Kalau untuk motor pakai saja penggaris stainless (bisa beli di toko buku) 3 buah, trus dipotong 10-an cm jadi ada 9 potong. Setelah itu disusun – n n n + n n n -. Untuk tabung bisa pakai botol kecap asal panjang sesuai atau botol kaca bekas Nescape (sori ndak bermaksud iklan). Untuk elektrolit sama dengan diatas (untuk mobil). Hasilnya cukup memuaskan
September 11, 2008 at 12:17 am
http://www.pengiritbbm.blogspot.com
Masalah dalah elektrolisa air adalah panas di cairan sel tersebut karena efisiensi elektrolisa, saat ini telah ditemukan cara khusus dengan bantuan elektronik yang berhasil menghilangkan panas yang timbul di air, air tetap dingin(hanya sedikit sekali panas) walau pemakaian arus mencapai 9amp, pls review
September 26, 2008 at 10:07 pm
hho generator yang saya buat sendiri bermasalahan.Saya memasang pada mobil mercedes 190E
1. air dalam tabung terlalau cepat kering hanya 100km terpaksa di isi.
2.waring terlalu panas dan fuse 30amp selalu terputus.
3. penggunaan tidak begitu menjimatkan.
Oktober 1, 2008 at 10:10 am
boleh gak saya minta gambar cara kerjanya.terus bisa gak di bikin in dari air menjadi gas tanpa mesin motor atau mobil tnks.
Desember 15, 2008 at 11:05 am
nanya nih.
bisa gak botol/tempat elektrolisis di perkecil?
kalo bisa,ada gak pengaruhnya?
makasih
Januari 19, 2009 at 8:32 pm
bolehkah saya meminta keterangan lebih rinci tentang pembuatan hydrogen generator elektrolizer ini dan cara membuatnya???
saya kuliah di POLMAN dan kebetulan saya mengambil TA(tugas akhir) dengan judul “hydrogen Generator Elektrolizer” (untuk penghematan bahan bakar)dengan memakai 2 buah kawat sebagai anoda+katonya namun saya masih belum mengerti cara pembuatannya! Dan Bolehkah saya mengetahui alamat Bapak JOKO yang di Jogjakarta itu seperti yang telah disebutkan oleh artikel diatas ini??
sebelumnya terima kasih satas bantuannya
Januari 19, 2009 at 8:49 pm
bolehkah saya meminta keterangan lebih rinci tentang pembuatan hydrogen generator elektrolizer ini dan cara membuatnya???
saya kuliah di POLMAN dan kebetulan saya mengambil TA(tugas akhir) dengan judul “hydrogen Generator Elektrolizer” (untuk penghematan bahan bakar)dengan memakai 2 buah kawat sebagai anoda+katonya namun saya masih belum mengerti cara pembuatannya! Dan Bolehkah saya mengetahui alamat Bapak JOKO yang di Jogjakarta itu seperti yang telah disebutkan oleh artikel diatas ini??
sebelumnya terima kasih atas bantuannya
Februari 13, 2009 at 4:15 pm
saya sangat tertarik akan alat tersebut. tolong bisa dikirim rician pembuatannya ke
imamgunawan@plasa.com
Februari 21, 2009 at 1:16 am
mau pesan elektrolizer berikut cara pemasangan. biaya akan saya bayar lewat rekening
Februari 24, 2009 at 4:38 pm
asw. saya yona. saya mahasiswi teknik lingkungan ITS, kebetulan saya lagi mengambil TA tentang elektrolisis ini. saya mau tanya:
1. ada pengaruh yang signifikan tidak terhadap elektolit yang digunakan bila memakai KOH. memang kelebihan KOH diantara elektrolit yg lain (misal: soda kue, NaOH)apa?
2. kenapa anda memilih stainless steel, apakah ada penelitian pendahuluan untuk membuktikan bahwa bahan tersebut baik untuk elektrolisis?
tolong jawab via email: care_tl05@yahoo.com
Maret 3, 2009 at 9:16 am
untuk yona. saya pernah coba elektrolit dengan kuningan menyebabkan korosi dan akhirnya kuningan tersebut hancur takbersisa. semoga bermanfaat
Maret 16, 2009 at 8:12 am
salam,
Mo nanya nich, sy dah coba buat generator HHO tp setelah dipasang ke motor Supra fit 2006 kok malah tambah boros? masukkannya yang bener ke intake manipol atau filter udara? makasih atas jawabannya
Maret 24, 2009 at 6:50 pm
maaf telat nehh….tolong kirim cara lengkapnya ke e-mail saya ya….semoga tuhan membalas semua kebaikan sampean.tanks…..joyodigital@yahoo.co.id
April 4, 2009 at 11:37 pm
tolong bagi yang telah berhasil,beri saya ulasan lengkap gambar rangkaiannya,thx email ridwaniwan@gmail.com
April 14, 2009 at 7:27 am
selain untuk mobil,motor,dan genset mungkin perlu juga diulas apakah hho ini bisa digunakan untuk kompor, alat las dll lah supaya lebih luas manfaatnya dan bisa dirasakan untuk lebih banyak orang,
Mei 8, 2009 at 12:20 am
TRIMS atas informasinya semua dan cukup jelas saya sangat tertarik dan sedang membuat alat itu.
Juni 13, 2009 at 9:26 pm
Salam Pak,
Hydrogen elektrolizer sepertinya sudah berfungsi dengan baik, tetapi cara penyambungan ke intake vacuum/manifold atau ke carburator masih belum benar, karena gelembung air akan hilang jika speed naik/gas ditambah, dan selalu uap air/air selalu terbawa sehingga hal ini cukup mengkhawatirkan pada sistem pelumasan dinding ruang bakar. Tolong untuk digambarkan skema/foto yang detail mengenai penyambungan selang gas electrolizer ke engine tersebut.
terima kasih,
misno
Juni 23, 2009 at 10:31 am
mas, sy sgt tertarik dengan alat tersebut dan mau mempraktekkannya. tapi masih bingung dengan cara pembuatannya pada motor supra x.
tolong donk mas kirim caranya ke m.lutfi.almer.h@gmail.com
Juni 23, 2009 at 12:54 pm
tolong dong kirimin aku skema untuk PWM dan gambar tabung reaktornya, dan KOH itu bisa di ganti dengan soda api…? di tempat saya sulit cari bahan kimia mungkin saya bisa membeli dengan transfer lalu dikirim KOHnya
mungkin teman teman bisa membantu.
Juni 23, 2009 at 12:56 pm
tolong dong kirimin aku skema untuk PWM dan gambar tabung reaktornya, dan KOH itu bisa di ganti dengan soda api…? di tempat saya sulit cari bahan kimia mungkin saya bisa membeli dengan transfer lalu dikirim KOHnya.
beri tau saya di email ini winarji_w@yahoo.co.id
mungkin teman teman bisa membantu.
Juli 7, 2009 at 9:42 pm
Mas hidrogenkan berbahaya. Efeknya ada ga?bisa terjd ledakan tdk klo terkena semburan apai dikarburator. Klo bikin apkh hrs disesuaikan dgn kapsts cc motornya/ tdk.tq kirim ke email harry19@melsa.net.id/harrywibawa@xl.blackberry.com ya pa.tq
Juli 9, 2009 at 3:43 pm
mantabs mas, dokumentasi sy ada di:
http://danibilabibah.blogspot.com/2008/11/air-untuk-hydrogen-generator.html
semoga membantu,…
Juli 19, 2009 at 4:18 pm
aku pgn tanya jika bhnnya pkk garam ndak papa
Juli 19, 2009 at 8:28 pm
klo pakek garam dapur apa gak apa2
Oktober 20, 2009 at 9:08 pm
pak tolong jelaskan secara detailnya cara merakit alatnya, dan apa saja yang di butuhkan.tolong kirim ke email saya pak ya…… salam hangat dari saya. terimakasih
November 1, 2009 at 9:29 pm
saya pernah mebuat nya tapi kok gk berhasil
November 4, 2009 at 6:58 pm
tolong kirim cara pembuatan sedetail mungkin ke email saya ya! saya butuh banget alat itu karna saya hobi banget touring..trimakasih..
November 16, 2009 at 1:02 pm
saya tertarik dengan bahasan hidrogen generator ini… saya ingin bertanya
1. permasalahan apa aja selama proses pembuatan hidrogen generator ini..?
2. klo menurut bapak sendiri strategi pemilihan bahan itu diklasifikasikan sebagai apa?? maksudnya kenapa bpk lebih memilih bahan tersebut untuk pembuatan hidrogen generator..??
terima kasih…mohon jawabanny
Desember 27, 2009 at 9:33 am
saya udah bikin tp pakai monel,kok airnya cepeat keruh & kalo setelan gas output di gedein kok knalpot nembak2
Desember 29, 2009 at 4:26 pm
slm kenal sy dibekasi
saya punya espas kira2 bs ga pak diksh alat tersebut & kl bs tolong sy diksh jawaban keemail sy sekalian cara pemasangannya & kl ada yang sdh jadi kira2 hrgnya berapa. sy minta kontak person yg bs dihubungi, kl hrgnya oke sy mau beli. suwun
Februari 21, 2010 at 7:12 pm
bagaimana dengan selang yang menuju ke mesin(selang yg masuk ke karburator)apakah selang tersebut harus masuk ke dalam air yang telah di reaksikan?atau hanya di permukan airnya saja.trimakasih
Mei 4, 2010 at 9:54 am
salam kenal,
saya ingin membuat alat tersebut, tapi saya ingin bentuk jadinya dulu agar saya bisa mempelajari lebih jauh. bisa di info ke email dimana saya bisa memesan alat tersebut dan berapa harganya??
thanks
Agustus 5, 2010 at 11:20 am
mas pict gak bisa keliatan
tolong kirim ke e-mail saya cara2+pict jg
soalnya saya berminat utk bikin sendiri
den_anton_bagoes@ymail.com
tanks sebelumnya
Agustus 7, 2010 at 8:06 pm
bolehkah saya mempraktekan/mengadopsi artikel mas sbgi bahan uji coba di SMK kami?
mohon ijinnya……
Agustus 18, 2010 at 2:21 pm
Assalamualikum wr wb
Saya sudah berhasil membuat hidrogen generator dengan memanfaatkan penggaris stainless sebagia katoda dan anoda, mur dan baut stainless dengan ring stainless juga, kawat stainless sebagai penghubung antara rangkaian elemen dan catu daya, dan pipa PVC sebagai tabung, botol plastik bening kecil sebagai bubbler.
Hasi tersebut saya pasang di motor tiger saya dan saya uji jalan pada KM 8 tabung tersebut meledak, untung hanya tutupnya saja yang lepas (tidak saya buat permanen dengan lem, hanya memanfaatakn silicon agar gas tidak bocor).
Setelah dianalisa ternyata ledakan terjadi karena akumulasi panas pada baut pengikat kawat penghubung dengan elemen.
Jadi Gas yang belum tersalurkan ke bubbler terpanaskan oleh baut pengikat tersebut.
Akhirnya saya balikkan posisinya, jadi elemen dan baut pengikat terendam oleh air, kemudian saya ujicoba lagi, saya berkendara sepanjang 30 Km tanpa ada gangguan apa2, saya pegang baut pengikat tersebut tidak dirasa panas (karena panas teredam oleh air).
Oh ya, untuk catu daya saya mengambil dari spull, saya dengar ada yang mengambilnya dari altenator dan ini dikatakan jauh lebih baik, apa sudah ada yang mencoba? Saya belum sempat karena masih sibuk.
Jika ada yang ingin sharing boleh kirim email ke edohusnull at gmail dot com.
Wasalam
Oktober 1, 2010 at 2:48 pm
itu yang mas bikin dry cell atau wet cell??
Agustus 22, 2010 at 1:25 pm
bagusssssssssssssssssssssssssss……………….
Agustus 22, 2010 at 1:27 pm
gimana nyari anoda dan katoda pak?
September 23, 2010 at 12:54 pm
Bisa tidak minta detail dari cara merakit berserta bahan/material, terimakasih lagi apabila diberikan gambar yang lengkap…
Oktober 1, 2010 at 2:38 pm
mao nanya nihh…ada yang tau gak bedanya dry cell HHO dengan wet cell HHO
balesss ke email yee
November 9, 2010 at 8:33 am
Salam kenal..
Saya ada pertanyaan,apakah produk ini sudah ada yg dipasarkan untuk umum???jika ada di mana saya bisa membelinya??posisi saya di malang,apakah ada rekan2 yg mengembangkan produk ini di kota malang….
Januari 12, 2011 at 10:55 pm
ni ada cara yg dikit beda,
Pakai pipa pvc 2” di buat model U,
Saya pake stenlis sbagai elektrodanya,
Tabungnya di tutup rapat dan di pasang slang pada kedua ujungnya,
Ujung yg satu di beri tegangan positif,dan yg satunya negatif,selang yang dr ujung negatif,di masukan ke manipol karbu,karna itulah hidrogennya,
Dan selang yang dr ujvng + di biarkan terbuka,dngn tujuan membuang oksigen yang di hasilkan,
Untk seting karbu,teman2 bisa eksperimen sndiri,krna spek tiap motor berbda,
Ok met eksperimen
Januari 13, 2011 at 7:19 pm
pak minta contact person sy mau bli bs ga?
sonny_andrian@yahoo.com
Juni 20, 2011 at 2:00 pm
ma’av sya mw tnya klo motor nya ga ad karburator (injection) cara masang nya bgmana?? Trmksh..
Juli 19, 2011 at 6:27 pm
saya mencoba pake 2 plat ss catudaya pake accu . n pasang relay 4 kaki.hasil bagus tapi double stater ga mau hidup 2 hari dipake terpaksa pake kick stater..hari ke1 double stater masih hidup hari ke2 ko ada solusi ada yg bilang lewat spull..mohon pencerahan oya sekedar info motor saya yamaha scorpio225 trima kasih
Oktober 31, 2011 at 9:34 pm
mas beli kalium hidroksidanya dimana ya??????
trimakasih
Januari 5, 2012 at 11:26 pm
pak?
airnya pake air isi ulang pa sama saja?
pa pengeluran gas hidrogen harus lewat manipol mesin,gak boleh di saluran udara karburator?
terimakasi.
Januari 20, 2012 at 3:25 pm
assalamu’alaykum….
pak kalo ngambil daya listrik dari spool gimana caranya????
dan beli KOH nya di mana???
terimakasih..
Maret 16, 2012 at 1:52 pm
bisa than lama gx
April 2, 2012 at 3:18 pm
bsa yg buat motor gk
Mei 10, 2012 at 9:32 pm
sekedar masukan, sy dah berhasil dengan tabung paralon 2.5 inch di isi air sebanyak 1.25 lt dan elemen ss nya 2 bh pipa uk. 1.5 inch. accord 84 sy tembus angka 16 km utk 1 lt bensin. dengan ss menggunakan mistar sebanyak 6 lmbr ukr 10 cm, terlalu makan arus. sy batasi arus dgn lampu halogen 100 watt tdk menghasilkan gelembung. gelembung di hasilkan bila arus tidak di batasi namun mesin drop. mungkin krn terlalu panjang ss yg di pakai ato krn pa, yg lebih menghsilkan dgn 2 pipa ss saja uk 1.5 inch 7 cm.
Juni 12, 2012 at 8:25 am
kasi tau cara bikinnya ato gambarnya dong, trus pake pwm ga? Klo iya sekalian skemanya thanks.
diondimaz@gmail.com
Juni 23, 2012 at 2:48 am
babung gaimana cara aman meletaklan pasisi tabung reaksi di dekaat mesin atau jauh dari mesin, thank jawabannya gan
Agustus 16, 2012 at 12:20 am
budiarthana mas kenapa tidak dilengkapi alat itu mobil2 baru yang keluar
November 25, 2012 at 8:04 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
November 26, 2012 at 4:08 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
November 26, 2012 at 6:23 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
November 26, 2012 at 1:26 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
November 26, 2012 at 6:35 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
November 28, 2012 at 10:16 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
November 28, 2012 at 10:26 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 2, 2012 at 11:01 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 3, 2012 at 12:57 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 3, 2012 at 2:55 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 3, 2012 at 8:13 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 4, 2012 at 12:34 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 4, 2012 at 12:28 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 6, 2012 at 8:20 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 10, 2012 at 10:25 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 10, 2012 at 1:48 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 13, 2012 at 5:04 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 13, 2012 at 12:15 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 13, 2012 at 9:52 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 16, 2012 at 1:12 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 17, 2012 at 12:30 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 17, 2012 at 12:07 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 17, 2012 at 6:08 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 17, 2012 at 8:17 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 20, 2012 at 9:05 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Desember 24, 2012 at 1:34 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Maret 11, 2013 at 10:49 pm
Kira2 kalo bikin kluar berapa duit tu bos?
April 4, 2013 at 8:15 am
kalok mau beli yg udah jadi ad gk trus brapa harganya.tlg balas
Juni 1, 2013 at 12:20 pm
MAS KALAU buat motor honda Grend bisa Gk…?
Agustus 18, 2013 at 1:04 pm
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
Agustus 24, 2013 at 7:19 am
[…] benyaliwibowo.wordpress.com […]
September 20, 2013 at 8:57 pm
It’s genuinely very difficult in this busy life to
listen news on TV, therefore I only use internet for that
purpose, and get the hottest information.
Oktober 18, 2013 at 11:34 am
gan,kalo generator tsb dikasi arus 220vlt (via inverter 500watt) apakah lpm bs berlipat ganda? trus efeknya apalagi ya? spt panas,uap air dll.
makasi sebelumnya gan.,
November 3, 2013 at 10:58 pm
Kami Fone electrik menyediakan Alat penghemat BBM Motor/mobil, dan Dapatkan Produk yang berkwalitas, Hak merk, ( produk yang dipasarkan telah lulus uji dan tidak melangggar hukum ) , Bukan Produk biasa, (fONE ELECTRIK)
A. ALAT PENGHEMAT BBM (fONE ELECTRIK)
Produk penghemat BBM Generasi Terbaru untuk Motor, berupa alat tambahan pada kendaraan bermotor untuk menyempurnakan pembakaran. Alat ini berupa tabung yang berisi magnet satu arah yang akan meresonansi BBM sebelum masuk ke ruang bakar. Berkekuatan ribuan Gauss, magnet ini adalah yang terkuat dari produk yang sejenis pada saat ini.
Kelebihan fone electrik Motor:
1. Menghemat BBM hingga 35%
2. Meningkatkan Performa Mesin
3. Mengurangi Emisi Gas Buang hingga 60%
4. Meningkatkan Akselerasi dan Efisiensi Mesin
5.lampu menjadi terang
5. Menghaluskan Suara dan Getaran Mesin
6. Mesin lebih awet
7. Pemasangan sangat mudah
8. Umur pemakaian alat hingga 5 Tahun.
HARGA FONE ELECTRIK – MOTOR Rp. 174.000,- / pcs.
(Harga wilayah Pulau Jawa dan belum termasuk ongkos kirim)
ADA HARGA KHUSUS UNTUK PEMBELIAN PARTAI BANYAK.
Bagi yang berminat dapat menghubungi bagian Admin:
email : aliimutakin72@gmail.com
Hp : m3 085799569800 xl 081804489146
Terima Kasih
Best Regard
Ali Mutakin
Februari 28, 2014 at 11:35 am
Gan ana pesan 1 untuk vario, brp biaya?
Agustus 16, 2014 at 12:52 am
Reblogged this on mondedysetiagusman and commented:
bro boleh gak ane minta alamt rumah bro, soalnya ane pingin tau dan cara pemasangannya bagaimana????
tp masih banyak lagi yg ane pinginin tany ke mas bro……
terimakasih
Oktober 26, 2014 at 7:05 pm
[…] Membuat sendiri alat penghemat bbm dengan methode […]
November 6, 2014 at 2:17 pm
saya belum terbayangkan cara penyambungan selang gas hidrogen ke intake manifold, apakah di manifold itu sudah ada lobang atau masih perlu di bor…. mohon penjelasan
Agustus 15, 2017 at 12:35 am
Iya gan q jg pngn tau nih
Desember 26, 2014 at 8:13 pm
kalo buat experimen sih asli bisa tapi untuk digunakan sehari~hari pikir2 dulu deh.kasian tuh motor eh salah yg punya motor deng,abis akhirnya ya ndorong juga hasilnya.klo q cukup standart pabrik ditambah busi bekas.yg penting nggak mogok plus inyaalloh irit.
Juli 25, 2015 at 1:34 am
slm buat smua,.
saya mau belajar bikin hho generator,krna berhubngn dengan pekerjaan saya,sya supir truk espedisi,truk yang saya bawa 8 selinder.solarnya sgat boros,.
yang saya mau tanya sama teman/saudara”
1) berapa ukuran dry cell yang harus saya potong buat bikin hho generator 24 vl.?
2) berapa keping dry cell yang di perlukan buat bikin hho generator 24 vl.
3) dan apa kah makin bayak dry cell,mkin bnyak juga hho yg akan di hasilkn?
sekali lagi trimksih sblmnya atas bntuan tmn/saudara..
saya sngt mnunggu jwabn dn solusinaya..
ini email saya .ysfdi1@gmail.com
Agustus 15, 2015 at 2:20 am
Salam Semuanya , dan salam juga untuk Agan yg buat web dan kasih info tentang generator HHO , um bisa kasih info nda detail kenapa saya sdh buat kabelnya kok jadi panas yah kabel plus minusnya yg ke batrei kira2 apa permasalahannya dan kekurangannya salam .
Agustus 15, 2015 at 2:27 am
oh iya Um satu lagi he he , bla sudah jadi bsa nda di pakai langsungtanpa BB bensin , mean Selang gas HHonya dilangsungin ke manipol or jalur sedotan ke bensin . trims
November 3, 2016 at 11:36 pm
maaf. apa alat sprti itu tak ada efeksamping mesin untuk kedepan nya.
Februari 8, 2018 at 11:25 am
pasa siap di suling bahan bakarnya bisa di gunakan gk