Studi: Omega-3 Perbaiki Tingkah Laku AnakKapanLagi.com – Dalam sebuah penelitian ilmiah dan percobaan yang dilakukan di Inggris menunjukan bahwa Omega-3, yang terdapat dalam suplemen minyak ikan, mampu meningkatkan kekuatan otak anak dan memperbaiki tingkah laku mereka serta kemampuan untuk berkonsentrasi.Hasil penelitian ilmiah tersebut dilaporkan Jurnal of Perinatology yang berbasisi di London, menunjukan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak dalam jangka pendek dan panjang sepertinya dapat diperbaiki dengan kemampuan jumlah adekuat dari Omega-3 yang didapat selama perkembangan janin dan setelah kelahiran, demikian menurut laporan yang diterbitkan Independent pada hari Minggu (11/06).

Ahli otak Prof. John Stein dari Magdalen College, Oxford, seperti dikutip mengatakan bahwa suplemen Omega-3 memilik efek yang jelas bagi perkembangan fungsi otak anak, seperti terbukti dari percobaan yang dilakukannya.

Percobaan tersebut dilakukan dengan melibatkan anak berusia 8 dan 9 tahun, yang menerima dosis Omega-3 di Sekolah Dasar di Bradford, berhasil dalam perkembangannya dengan 81% menunjukan perbaikan dalam pelajaran membaca, 67% dalam pelajaran menulis dan 74% dalam pelajaran matematika.

Menurut hasil penelitian tersebut, dari percobaan di wilayah Co Durham selama dua tahun juga ditemukan kalau esensial asam lemak ini, yang dibuat dalam bentuk cair dan kapsul, mampu menghasilkan perbaikan instan untuk tingkat konsentrasi anak-anak, mulai dari bayi hingga remaja.

Asam lemak Omega-3 diyakini berperan krusial dalam perkembangan sel otak. Hampir dari setengah bentuk lemak yang berfungsi membangun perkembangan otak ada dalam jenis Omega-3 – docosahexaenoic acid (DHA).