seledri42.jpg 

( Dari berbagai sumber ).Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak seperti lilin dan berwarna kekuningan. Sebagian besar kebutuhan kolesterol tubuh di produksi oleh hati. Di dalam tubuh, kolesterol mempunyai fungsi penting yang diperlukan dalam berbagai proses metabolisme, seperti untuk bahan pembentuk dinding sel, pembentukan hormon misalnya hormon seks, pembungkus jaringan saraf, membuat vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang, bahan pembentukan asam dan garam empedu yang berfungsi untuk mengemulsi lemak, juga untuk perkembangan sel-sel otak pada anak-anak. Dengan demikian dalam kadar normal kolesterol mempunyai banyak manfaat, tetapi akan menjadi masalah bagi tubuh jika kadarnya berlebihan.

Gaya hidup modern berkaitan erat dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kolesterol dan trigliserida tinggi, seperti makanan yang mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi yang dapat menyebabkan kegemukan, kurang mengkonsumsi serat, merokok, kurang berolah raga dan stress. Kolesterol tinggi juga dipengaruhi olah faktor genetik dan usia, kecuali kedua faktor tersebut, faktor lainnya dapat dikontrol/dikendalikan.

Kolesterol dalam darah sering dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit mematikan seperti jantung koroner dan stroke. Hal tersebut dapat terjadi apabila konsentrasi kolesterol dalam darah tinggi yang disebut dengan hiperkolesterolemia. Oleh karena itu, agar kolesterol tidak memicu penyakit harus dikendalikan agar kadarnya tidak berlebihan

Banyak sekali jenis tanaman di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sedikit demi sedikit ternyata bisa diturunkan melalui berbagai tanaman yang ada di sekitar kita.

Disamping itu mengendalikan kadar kolesterol dengan metode terapi nutrisi, yatu makan lebih banyak bahan nabati dan mengganti lemak berbahaya dengan lemak sehat. Mengonsumsi lebih banyak makanan nabati akan meningkatkan protein nabati, yang bekhasiat menurunkan kadar kolesterol berlebihan. Lemak jenuh (contohnya lemak hewan, mentega), lemak trans,(misalnya margarin, minyak jelantah), dan kolesterol dalam makanan (seperti kuning telur, daging berlemak) secara nyata menaikkan kadarkolesterol darah.

Tanaman yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi diantaranya mempunyai mekanisme kerja sebagai berikut :

• Merangsang sekresi cairan empedu sehingga kolesterol akan keluar bersama cairan empedu menuju usus dan selanjutnya dibuang.

• Merangsangsang sirkulasi darah sehingga mengurangi terjadinya pengendapan lemak pada pembuluh darah.

Beberapa jenis tumbuhan berkhasiat obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi kolesterol tinggi antara lain :

1. Jati Belanda (Guazuma ulmifolia Lamk)

2. Asam Jawa (Tamarindus indica L

3. Tempuyung (Sonchus arvensis L)

4. Belimbing manis (averhoa carambola L)

5. Kemuning (Murraya paniculata (L) Jack)

6. Jamur Linchi

7. Pare

8. Seledri

9. Wortel

10. Apukat

11. Rumput laut

12. Bawang merah

13. Bawang Putih (Allium sativum L.)

14. Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza)

15. Buncis

16. Morbei

17. Sirih

18. Ankak

19. Labu siam

20. Sambiloto

21. Jamur kuping putih

22. Kunyit (Curcuma longa L.)

23. Terung Ungu (Solanum melongena)

24. Daun Salam (Syzigium polyanthum Walp.)

25. Daun jambu biji (Psidium guajava)

26. Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.)

27. Bawang Bombay & Bawang merah (Allium cepa L.)

28. Jamur kuping hitam (Auricularia sp.)

29. Rumput Laut (Laminaria japonica)

30. Daun Dewa (Gynura segetum [Lour] Merr.)

31. Daun Sambung Nyawa (Gynura procumbens Back.)

32. Daun Ceremai (Phyllanthus acidus)

33. Kulit Polong kacang tanah

Jati Belanda (Guazuma ulmifolia Lamk)

Di Sumatra disebut sebagai jati belanda (melayu); di jawa disebut sebagai jati londo (jawa tengah).

Jati belanda (Guezuma ulmifolia.lamk) bermanfaat menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah melalui kandungan lendir, tanin, dan alkaloidnya. Ketiga zat itu memiliki mekanisme kerja yang berbeda, saling menunjang dalam menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah

Cara pemakaian : 20 gram daun dan 1 gelas air, dimasak, setelah dingin, disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Asem Jawa (Tamarindus indica L)

Di Sumatra disebut bak me (aceh), acamlagi (gayo), asam jawa, kayu asam, cumalagi (minangkabau); di jawa disebut sebagai tangakal asem (sunda), acem (madura); di kalimantan disebut sebagai asam jawa; disulawesi disebut dengan asang jawi (gorontalo), camba (makasar), cempa (bugis).

Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol tinggi dengan kandungan kimia saponin, flavonoid dan tanin.

Disamping itu juga mengandung sitexin, isovitexin, orientin, dan isoorientin yang berkhasiat melancarkan pengeluaran emped, penurun panas (antipiretik), penghilang nyeri (analgesik), dan antiseptik.

Cara pemakaian : 12 gram daun asam segar dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin disaring, air disaring diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari

ATAU tumbuk 150-200 daun asam jawa, lalu campur dengan 1 gelas air matang panas (200 ml), kemudian diperas, disaring dan diminum untuk satu kali minum. Dianjurkan untuk membuatnya 3 kali sehari.

Tempuyung (Sonchus arvensis L)

Di Jawa disebut dengan galing, jombang, jombang lalakina, lempung, lampenas, rayana (sunda), tempuyung (jawa tengah).

Kandungan kimia saponin, flavonoida, politenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol, inositol, kalium, silika, taraksasterol.

Cara pemakaian : 3 lembar daun tempuyung dilayukan dan dimakan sebagai sayur atau lalap, dianjurkan untuk 3 kali sehari.

Belimbing manis (averhoa carambola L)

Di Sumatra disebutasom jorbing (batak), balimbing manih (minangkabau); dijawa disebut dengan balimbing amis (sunda), blimbing legi (jawa tengah); disulawesi disebut sebagai lembetua (gorontalo), lombituka gula (buol), bainang sulapa (makasar), balireng (bugis).

Daun dan batang dari tanaman ini mengandung asam oksalat sehingga rasanya asam dan air perasannya dapat digunakan sebagai penghilang karatan pada logam.

Buah tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol tinggi dengan kandungan kimia lemak, glukosa, protein, besi, kalsium, phospor, vitamin A, B, C.

Buah ini juga berkhasiat sebagai antiinflamasi, peluruh kencing (diuretik) dan peluruh air liur (sialagoga).

Cara pemakaian : 2 buah belimbing manis diperas, lalu air perasannya diminum, dua perasan untuk satu kali minum, sehari minum 3 kali.

ATAU 2 buah belimbing manis besar dimakan setelah makan pagi dan makan malam, masing-masing 1 buah.

Kemuning (Murraya paniculata (L) Jack)

Di sumatra disebut kemuning (melayu), kemunieng (minangkabau); dijawa dikenal sebagai kamuning; di Bali disebut kemuning; di NTB dikenal sebagai kemuni; disulawesi disebut dengan kamuning (manado), kamoni (bare) kamuning (makasar), palopo (bugis).

Kandungan kimia, tanin, flavonoid, steroid dan alkaloid.

Cara pemakaian : 20 gram daun kemunig direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal tersisa 1 gelas air, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minum 3 kali sehari.

Jamur Linchi

Cara pemakaian : 10 gram jamur lingzhi direbus dengan 1 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Airnya diminum 3 kali sehari.

Selain itu jamur lingzhi juga banyak diresepkan untuk mencegah jantung koroner.

Cara pemakaian : 10 gram jamur lingzhi dipotong-otong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

Pare

Buah Pare dipotong-potong, kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama 2 hari. Setiap pagi dan sore, irisan pare kering diseduh sebanyak 1 sendok makan dalam segelas air panas, kemudian diminum 2 kali sehari.

Seledri ( Apium graveolens )

Seledri mengandung flavonoid, saponin, tanin 1 persen, minyak atsiri 0,033 persen, flavoglukosida, apigenin, kolin, lipase, asparagines, zat pahit, serta vitamin A, B, dan C.

Setiap 100 gram daun seledri mengandung air sebanyak 93 ml, protein 0,9 gram, lemak 0,1 gram, karbohidrat 4 gram, serat 0,9 gram, kalsium 50 mg, besi 1 mg, fosfor 40 mg, iodium 150 mg, kalium 400 mg, magnesium 85 mg, vitamin A 130 1U, vitamin C 15 mg, riboflavin 0,05 mg, tiamin 0,03 mg, dan nikotinamid 0,4 mg. Akarnya mengandung asparagin, zat pati, lendir, minyak atsiri, pentosan, glutamine, dan tirosin. Bijinya mengandung aplin, minyak menguap, api genin, dan alkaloid.

Infus daun seledri dengan kadar 10 persen sebanyak 5 ml/kg bb akan memberikan efek penurunan

Cara pemakaian : 30 gram akar seledri segar dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, minum sekaligus.

Untuk obat yang diminum: 30-40 lembar daun seledri direbus; lalu air rebusannya diminum.

ATAU 1,3-3,9 gram biji seledri direbus dalam api kecil selama 3 jam, lalu airnya diminum.

Wortel

Wortel mampu menghadang kaju kolesterol darah. Tanaman ini mengandung alkaloid, flavonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B, C dan D, juga betakaroten dan asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin C pada tanaman ini berkhasiaat sebagai antioksidan yang melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi.

Cara penggunaan : 5 buah wortel segar ukuran sedang, dicuci bersih, lalu diblender atau diparut, kemudian diperas dan disaring. Minum airnya sekaligus, lakukan setiap hari

Alpukat

Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1,vitamin 86, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.

Cara penggunaan : 1/2 – 2 buah alpukat matang dimakan begitu saja sebagai buah, Lakukan setiap hari

Rumput laut

Selain menurunkan kadar kolesterol, juga mencegah pengerasan pembuluh darah, menormalkan tekanan darah, mencegah kanker, menurunkan berat badan, mengobati gondokan, dan menghaluskan kulit.

Cara pemakaian : 30 gram rumput laut kering, digiling menjadi bubuk. Masukkan ke dalam cangkir, lalu seduh dengan air mendidih. Minum air tersebut setiap hari

Bawang merah (Cepae bulbus),

Bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah.

Cara pemakaian : 20 gram bawang merah segar diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama

Bawang putih (Allii bulbus),

Bahan aktifnya sallyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik

Cara pemakaian : 1-2 siung bawang putih, diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil. Lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari.

ATAU 2-3 siung bawang putih dihaluskan, diseduh dengan 150 cc air panas, lalu diminum.

Temulawak

Cara pemakaian : 3 jari rimpang temulawak segar, Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang, airnya diminum. Lakukan setiap hari.

Buncis

Cara pemakaian : 30 gram buncis segar, dicuci bersih, lalu rebus. Setelah agak layu, buncis diangkat. Rebusan buncis ini dimakan bersama nasi.

ATAU 30 gram temu lawak (dikupas dan diiris-iris) + 15 gram daun dewa, semua bahan dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Murbei

Cara pemakaian : 10 gram daun murbei segar, dicuci, lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, Setelah dingin, disaring dan diminum. Lakukan setiap hari.

Sirih

Cara pemakaian : 15 lembar daun sirih segar dicuci bersih, lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Angkak

Angkak, sering disebut beras merah Cina, adalah sejenis cendawan berwarna merah, bernama Latin Monascus purpureus. Angkak bisa digunakan untuk membuat arak merah yang terbuat dari beras, sebagai bahan pengawet makanan, dan untuk obat. Berdasarkan penelitian, angkak mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

Cara pemakaian : 1/2 sendok teh angkak ditumbuk halus, dimasukkan ke dalam cangkir lalu diseduh dengan 3/4 cangkir air panas. Minum airnya selagi hangat. Lakukan setiap hari.

Labu siam

Cara pemakaian : 1 buah labu siam ukuran sedang, dikupas, potong kecil-kecil dan dijus atau diparut, peras airnya dan saring. Kemudian airnya diminum sekaligus.

Sambiloto

Cara pemakaian : 20 gram herba sambiloto kering, direbus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, lalu diminum sekaligus, lakukan setiap hari.

Jamur kuping putih.

Cara pemakaian : 10 gram jamur kuping putih kering dipotong-potong secukupnya, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tambahkan sedikit pemanis buatan. Setelah dingin, airnya diminum dan jamurnya boleh dimakan.

Kunyit.

Cara pemakaian : 10 gram rimpang kunyit segar. dibersihkan, lalu diiris tipis-tipis. Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.

Terung ungu

Cara pemakaian : Terung ungu dikukus, dikasih sambal, lalu dimakan. Lakukan setiap hari

Daun salam

Cara pemakaian : 15 lembar daun salam + 2 buah mengkudu yang matang (dipotong-potong), dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Jambu biji

Cara pemakaian : 10 lembar daun jambu biji + 30 gram daun ceremai, semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali 150 cc

Jamur kuping hitam

Cara pemakaian : 15-30 gram jamur kuping hitam dimasak sop bersama bahan-bahan lain, lalu dimakan.

Catatan :

- pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur 2 kali sehari

- Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci kaca.

Budaya makan untuk menghindari kolesterol tinggi

Biasakan makan jamur

Jamur Kaya kromium, mineral yang membantu memecah lemak menjadi senyawa sederhana, yakni asam-asam lemak. Aktivitas ini membantu menyusutkan kadar “lemak jahat” LDL dan meningkatkan kadar “lemak baik” HDL. Cukup supan vitamin C bermanfaat meningkatkan penyerapan kromium. Sumber lain kromium adalah kacang-kacnagan, seperti kenari, kacang tanah, kacangmete, almond.

Camilan kuaci tawar mengutungkan

Selama ini kuaci kita sepelekan, padahal berlimpah zat tembaga. Pola makan rendah asupan tembaga berkaitan dengan naiknya kadar “kolesterol jahat” LDL dan terbatasnya “kolesterol baik” HDL. Karena itu, lebih sering nikmati kuaci, terutama yang tawar, baik kuaci biji labu maupun biji bunga matahari.

Jeruk nipis mengandung flavonoid

Diantara beragam jenis jeruk, jeruk nipis atau jeruk lemon adalah yang paling banyak mengandung flavonoid. Senyawa ini mampu menghambat produkdi “kolesterol jahat” LDL berlebihan, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Flavonoid bisa pula diperoleh dalam teh, brokoli, tomat, kedelai, bawang berlapis-lapis seperti bawang merah dan bawang bombai, delima. Bagaimana mengkonsumsi jeruk nipis atau jeruk lemon? Mudah saja.Campurkan sesendok makan air jeruk dalam air putih atau jus buah.

Senang makan Apel

Serat larut yang banyak terdapat dalam apel, apalagi yang dimakan bersama kulitnya, merupakan sumber betaglukan (beta glucan). Di dalam tubuh, betaglukan ikut berperan mengontrol penyerapan dan produksikolesterol. Makin tinggi mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Sumber lain: pepaya, buah-buahan yang dimakan bersama kulitnya (apelpir), wortel, kapri dan sayuran polong-polongan lain pada Umumnya (buncis, kecipir, kacang panjang), polong-polongan kering (kacang hijau, kacang merah, kacang tolo), beras merah.

Ikan tuna mengandung lemak mega 3

Termasuk sumber asam lemak mega 3 yang populer, selain ikan salmon dan makarel. Dalam satu hasil penelitian terhadap penduduk yang secara alami pengkosumsi banyak ikan, jumlah mereka yang menderita penyakit jantung ternyata sangat rendah. Omega-3 secara khusus melindungi tubuh terhadap kenaikan kadar “kolesterol jahat” LDL.

Jambu biji lokal merah kaya likopen

Sama seperti semangka merah dan tomat merah, jambu biji lokal merah ini kaya likopen. Dalam sebuah riset, sejumlah pengidap hiperkolesterol diberi makanan sumber likopen secara rutin setiap hari. Setelah 3 bulan, kadar “kolesterol jahat” LDL mereka menyusut 14 persen. Likopen berkaitan dengan kerja enzim HMGCoA-reduktase, yang ikut berperan dalam mengendalikan produksi kolesterol.

Apukat banyak mengandung asam pantotenat

Asam pantotenat merupakan senyawa paling menonjol dalam apukat yang berperan meredam kadar kolesterol darah. Asupan asam pantotenet, yang disebut juga vitamin B5, di dalam tubuh akan diubah menjadi pantetin. Ketika seseorang banyak mengkonsumsi bahan makanan berlimpah asam pantotenat, pantetin dalam darahnya meningkat. Pada saat itu juga, kadar lemak darah menurun, khususnya “kolesterol jahat” LDL. Sebaliknya, kadar “kolesterol baik” HDL-nya meningkat. Sumber lain asam pantotenat : kuacitawar biji bunga matahari, jamur, yogurt, ikan salmon.

Tempe kaya fito kimiawi isoflavon

Makanan rakyat ini berlimpah senyawa fito kimiawi isoflavon, yangbersifat antikolesterol. Banyak juga terdapat dalam tahu dan susu kedelai. Berkhasiat menyusutkan kadar “kolesterol jahat” LDL, termasuk kolesterol total. Sebaliknya, isoflavon menggenjot kadar “kolesterolbaik” HDL yang berperan mencegah penyakit jantung.

Kacang tanah banyak mengandung lemak sehat

Kacang kulit, yakni kacang tanah berkulit yang dipanggang dalam oven, mungkin ada baiknya dijadikan camilan sehat. Bukan karena terpengaruh iklan, tapi kacang panggang berkulit ini memang berlimpah lemak sehat sekaligus kaya vitamin E. Sumber lain vitamin E; alpukat, kuaci tawarbiji bunga matahari, almond. Vitamin E “mengunci” radikal bebas agartidak merusak “kolesterol jahat” LDL sehingga pembentukan plak di dinding pembuluh darah dapat dihindari dan mencegah serangan jantung.

Mangga sumber vitamin C potensial

Vitamin C banyak terdapat dalam mangga. Sumber lainnya: belimbing, anekajenis jeruk (jeruk bali, jeruk keprok, dll), kedondong, pepaya, rambutan, stroberi, kiwi. Selain buah, beberapa jenis sayuran yangdisantap mentah pun merupakan sumber vitamin C yang potensial, sepertikol, terutama kole merah, cabai merah, paprika merah. Vitamin C mencegah “kolesterol jahat” LDL teroksidasi, sehingga menghindarkan terbentuknya plak di dinding pembuluh darah. Sebaliknya, vitamin C mampu membantu meningkatkan kadar “kolesterol baik” HDL. Vitamin C juga memperkuat peranan vitamin E, sesama senyawa antioksidan kuat sebagaimana vitaminC, dalam menghalangi meningkatnya kadar kolesterol darah.

About these ads